Perkembangan Bahasa Gaul

Banyak jalan menuju Roma, banyak pula jalan menuju gaul. Yap, supaya dibilang gaul emang caranya banyak banget. Bisa dari baju, gadget, sampe cara berbahasa. Yah, secara yang namanya bahasa itu sama aja kayak fashion:  sama-sama akan selalu berkembang. Dari dulu sampe sekarang, bahasa gaul nggak ada habisnya. Hihihi.

Nah, cek deh sekarang tingkat kegaulan kalian berdasarkan bahasa gaul di bawah ini. Inga! Inga! Yang dicek tingkat kegaulan, bukan tingkat kegalauan! Ting!

Bahasa Prokem  ’90-an dan Masa-masa Sebelumnya 

“Eh, doi loe gimana? Masih ngambek gara-gara nggak diapelin? Buset dah.”

“Hah. Au ah gelap. Doski ngambek mulu nih. Au ah, untuk saat ini EGP dulu ah sama doi. Emang gua pikirin!”

“Wah. Gila lu, Ndro. Haha.. Eh iya, ngomong-ngomong gua pinjem doku dong. Bokek nih gue. Gua pengen beli spokat nih.”

“Yah, sorry gua juga lagi bokek. Mana duit bulanan dari bokap nyokap abis lagi.”

“Yah, yaudah deh. Eh, sekarang kita kongkow-kongkow yuk. TP-TP aja ama cewek-cewek.”

“Hahaha, tebar pesona mulu, lu. Ga usah ke-GR-an deh banyak yang mau ama lu.”

Percakapan di atas ini menunjukkan pemakaian bahasa gaul lho. Doi, apel, au ah gelap, doski, EGP, doku, bokek, spokat, bokap, nyokap, kongkow, TP, GR.. itu cuma sebagian aja dari bahasa gaul yang berkembang. Masih banyak lagi deh. Pokoknya, bahasanya okem banget.

Bahasa Gaul ala Debby Sahertian

“Duh akika lapangan terbang bambang nih..” “Haaaa? Sherina lo, booo?” “ Ya ampyun.. Cucoookk deh bo sama yey..” Hihihi, bingung ya? Kalimat di atas itu artinya “duh, aku laper banget nih”, “haaa? Serius lo? “ya ampun, cocok deh sama kamu”. Dulu di tahun 2000-an sempet ada bahasa gaul kayak gini. Debby Sahertian sampe bikin Kamus Bahasa Gaul ini, loh. Sekarang apa kabarnya, yah? Ada yang punya?

Bahasa G

Igingeget ga sagamaga bagahasaga yagang sagatugu iginigi? Bagahagasaga iginigi dugulugu ngegetregen bagangeget loh. Kagalogo bigisaga ngogomogong pagakege bagahagasa igini, jagadigi begeragasa kegecege kagaregenaga bagahagasaganyaga kegedegengegeragan kagayaga sagandigi ragahagasigiaga agatagau magalagah kagayagak bagahagasaga agaligiegen. Hagahagahaga! Haaah.. capek juga yah ngomong bahasa G ini. Nah ngomong-ngomong kalian ngerti nggak? Haha, kalo nggak inget dan nggak ngerti  sama bahasa yang satu ini coba aja ilangin suku kata yang ada huruf G-nya.

Bahasa Kilab

Anak gaul ibukota pasti mah udah nggak asing sama bahasa kilab alias bahasa balik ini. Jadi, bahasa kilab ini bahasa yang kata-katanya dibalik. Ini berlaku buat bahasa tulis dan bahasa lisan. Contoh yang paling gampang sih selow jadi woles, terus pacaran jadi naracap. Pokoknya dibalik-balik gitu deh. Kalo di Jakarta, bahasa ini dipopulerin sama anak-anak SMA yang ada di Jakarta Selatan itu. ‑­

Tapi, jauh sebelum anak-anak Jakarta make bahasa kilab, ternyata orang-orang Malang udah pake bahasa kilab sebagai sandi.

Bahasa 4LaY

Yang ini fenomenal banget nih kayaknya. Bahasa alay! Yeah! Bahasa ini kayaknya muncul pas HP mulai ngetren ya. Anak-anak yang baru punya HP masih norak gitu, jadi nulis pun dibikin sekreatif mungkin dengan ngegabungin huruf dan angka. Wu1h#, NYUNYU b3Ra$4 G4UL b4nGeD d3cHh.. hYhYhiiiYyy.. Oh iya, tapi nih ya, waktu itu NYUNYU pernah dikasih tau juga, kalo bahasa alay dengan kombinasi huruf dan angka ini awalnya dipake sama hacker, loh! Waaaaaaaa!!

Selain bahasa alay dengan kombinasi huruf dan angka, ada juga nih bahasa alay yang pake huruf biasa aja, tapi bahasanya diutak-atik gitu. “Hy, sowry nie cappa yach mizzd call aq tdy? Qm nal ma aqoh app so’ nal ajj niechzt? Hiyhiyhiy.. Muuvynd aQ yah, aQ gag tauww, hihihi,,, muguziy!” Kalimat ini kalo diterjemahin kira-kira begini: Hi, sorry, ini siapa yah tadi missed call aku tadi? Kamu kenal sama aku apa sok kenal aja nih? Hihihi.. maafin aku yah, aku nggak tau, hihihi.. makasih!

Intinya sih kalo menurut NYUNYU, mau bahasa alay dengan kombinasi huruf dan angka ataupun yang cuma huruf, keduanya sama-sama punya tingkat kreativitas yang tinggi, tapi sama-sama bikin pusing kalo kamu nggak jago bacanya. Ckckck..

Bahasa (Sok) Imut dan (Sok) Kiyut

Semakin ke sini, bahasa gaul yang lagi ngetren cenderung ke bahasa yang manis-manis dan feminin gitu ya rasanya. Contohnya kayak “unyu”, “ciyus”, “miapah”. Beda sama era-era sebelumnya yang kedengeran lebih maskulin, contohnya “katrok lu!”. Hahaha. Tapi kalo nama “NYUNYU” sih ngga sok imut dan sok kiyut. NYUNYU hanya mencoba memberikan realita paling nyata aja sama kalian. Kwuk!

Bahasa gaul ala instagram.

Naah lo? Apa lagi nih bahasa gaul ala instagram? Bahasa gaul ala instagram adalah #bahasa #gaul #yang #semua #kata-katanya #dipakein #hestek. #Penggunaan #hestek #ini #sebenernya #mulai #rame #sejak #ada #twitter. #Tapi #biasanya #penggunaannya #untuk #memudahkan #pencarian #suatu #topik. #Nah #sejak #ada #instagram #penggunaan #hestek #makin #menggila #bro. #Tapi #sebenernya  #sama #kayak #bahasa #alay #biasanya #bahasa #gaul #ala #instagram #ini #cuma #gaul #di #ranah #tulisan #aja #sih, #ngga #sampe #ke #bahasa #lisan. #Karena #hmmm #repot #banget #ngga #sih #kalo #tiap #ngomong #harus #pake #hestek #alias #tanda #pagar #gini? #Huft. #Ah #daripada #NYUNYU #ngasih #tanda #pagar #ke #bahasa #mendingan #NYUYU #pagarin #hati #kamu #aja #deh #abis #itu #digembok #sekalian #biar #ngga #ada #yang nyuri #hati #kamu #selain #aku #Eaaaaaakkkkkk..

sumber: http://www.nyunyu.com

Advertisements

2 thoughts on “Perkembangan Bahasa Gaul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s